zlL6bwEimBmCPGlD3vUY8mMwGyjQaK1Cn76qXZoF

KISI KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN FISIKA

KISI KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN FISIKA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL
1
Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori mekanika serta penerapannya
1
Menerapkan metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium
2
Menerapkan prinsip operasi vektor dalam permasalahan fisika
3
Mengintepretasikan makna fisis gerak parabola dan menyajikannya dalam bentuk vektor
4
Menganalisis besaran fisis gerak melingkar dengan laju konstan (tetap)
5
Mengintepretasikan makna fisis gerak benda menggunakan hukum Newton secara multirepresentasi
6
Menganalisis besaran fisis gerak planet berdasarkan hukum Newton dan atau Kepler
7
Menemukan besaran atau makna fisis gerak benda berdasarkan hubungan usaha dengan energi potensial atau kinetik
8
Menelaah gerak benda secara multireprensetasi berdasarkan hukum kekekalan energi
9
Menganalisis keterbatasan sumber energi dan dampaknya bagi kehidupan
10
Menganalisis grafik hubungan momentum dan impuls
11
Menelaah tumbukan untuk memprediksi gerak benda
12
Menemukan besaran fisis gerak rotasi benda tegar menggunakan konsep torsi, momen inersia atau momentum sudut
13
Menganalisis sifat elastisitas bahan berdasarkan sajian grafik
14
Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik
15
Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
2
Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori termodinamika serta penerapannya
1
Menelaah konversi suhu antar termometer
2
Menelaah peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan seharihari
3
Menggunakan teori kinetik gas untuk memprediksi besaran fisis gas ideal
4
Menganalisis proses termodinamika dari sajian grafik
3
Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori gelombang dan optik serta penerapannya
1
Menganalisis besaran fisis gerak harmonik sederhana secara multirepresentasi
2
Menelaah karakteristik pemantulan atau pembiasan gelombang mekanik
3
Merumuskan persamaan gelombang berdasarkan sajian grafik
4
Menganalisis karakteristik gelombang bunyi atau cahaya
4
Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya
1
Menganalisis rangkaian dengan hukum Ohm dan Kirchhoff
2
Menganalisis hubungan antara medan listrik atau gaya elektrostatis dengan muatan
3
Menganalisis makna simbolik dari persamaan listrik statis
4
Menganalisis faktor yang mempengaruhi medan magnet kawat berarus listrik yang disajikan secara multirepresentasi
5
Mengevaluasi susunan kawat berarus yang mengalami gaya magnetik terbesar atau terkecil
6
Menelaah arah dan besar arus induksi
7
Menganalisis sifat rangkaian RLC dari sajian diagram fasor
8
Menemukan pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam teknologi dan kehidupan
5
Memahami sejarah perkembangan fisika dan pemikiran-pemikiran yang mendasarinya
1
Menelaah sejarah pemikiran atau penemuan konsep, prinsip atau hukum Fisika
6
Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika modern serta penerapannya
1
Menelaah konsep relativitas berdasarkan teori relativitas khusus
2
Menelaah gejala kuantum berdasarkan sajian multirepresentasi
3
Menganalisis manfaat, dampak, dan proteksi zat radioaktif
7
Menyiapkan, merancang, melaksanakan percobaan dan menganalisis hasilnya sesuai kaidah eksperiman fisika
1
Menganalisis satuan dan atau dimensi besaran fisika
2
Menganalisis hasil percobaan gerak lurus yang disajikan secara multirepresentasi
3
Merancang percobaan titik berat atau kestimbangan benda tegar
4
Merancang karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau pembiasan pada cermin dan lensa
5
Merancang percobaan untuk mengukur besaran listrik
8
Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi diri dan Karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
1
Mengembangkan potensi peserta didik dalam pembelajaran fisika
2
Mengidentifikasi bekal awal peserta didik dalam pembelajaran fisika
3
Mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam belajar fisika
9
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pembelajaran Fisika
1
Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran Fisika
10
Memahami berbagai pendekatan, strategi, metode,dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika
1
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yangmendidik secara kreatif dalam pembelajaran Fisika
2
Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi Fisika
11
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
1
Merumuskan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran
12
Memilih materi pembelajaran yang diampu terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran pada bidang Fisika
1
Mengidentifikasi materi esensial yang sesuai kompetensi dasar yang dirumuskan
13
Menyusun materi pembelajaran sesuai dengan struktur materi fisika
1
Menyusun sekuens materi pembelajaran sesuai struktur materi dan karakteristik peserta didik
14
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian pada bidang Fisika
1
Menentukan indicator dan instrumen penilaian kegiatan pembelajaran
15
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan pada bidang Fisika
1
Menerapkan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran dalam merancang kegiatan di laboratorium
16
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Fisika
1
Memilih teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai dengan karakteristik materi dalam pembelajaran Fisika
17
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh pada bidang Fisika
1
Memilih media pembelajaran dan sumberbelajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan matapelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran Fisika secara utuh
18
Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan kerja ilmiah
1
Memfasilitasi kegiatan pembelajaran Fisika yang mengembangan keterampilan kerja ilmiah
19
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain pada bidang Fisika
1
Menerapkan strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan,tulisan, dan/atau bentuk lain
20
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika
1
Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuaidengan karakteristik matapelajaran Fisika
21
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika
1
Memerinci aspek poses dan hasil yang penting untuk dinilai dalam pembelajaran Fisika
22
Mengembangkan instrumen penilaian sesuai karakteristik siswa dan materi Fisika
1
Mengembangkan instrument penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
23
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
1
Menjelaskan prinsip-prinsip tindakan refleksi dalam pembelajaran Fisika
24
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika
1
Merancang prosedur penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran fisika
Related Posts
Ruslan Pulo Haruna
facebook.com/ruslanpuloharuna

Related Posts

Posting Komentar