KISI KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN FISIKA
CAPAIAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR ESENSIAL | ||
1 | Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori mekanika serta penerapannya | 1 | Menerapkan metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium |
2 | Menerapkan prinsip operasi vektor dalam permasalahan fisika | ||
3 | Mengintepretasikan makna fisis gerak parabola dan menyajikannya dalam bentuk vektor | ||
4 | Menganalisis besaran fisis gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) | ||
5 | Mengintepretasikan makna fisis gerak benda menggunakan hukum Newton secara multirepresentasi | ||
6 | Menganalisis besaran fisis gerak planet berdasarkan hukum Newton dan atau Kepler | ||
7 | Menemukan besaran atau makna fisis gerak benda berdasarkan hubungan usaha dengan energi potensial atau kinetik | ||
8 | Menelaah gerak benda secara multireprensetasi berdasarkan hukum kekekalan energi | ||
9 | Menganalisis keterbatasan sumber energi dan dampaknya bagi kehidupan | ||
10 | Menganalisis grafik hubungan momentum dan impuls | ||
11 | Menelaah tumbukan untuk memprediksi gerak benda | ||
12 | Menemukan besaran fisis gerak rotasi benda tegar menggunakan konsep torsi, momen inersia atau momentum sudut | ||
13 | Menganalisis sifat elastisitas bahan berdasarkan sajian grafik | ||
14 | Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik | ||
15 | Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi | ||
2 | Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori termodinamika serta penerapannya | 1 | Menelaah konversi suhu antar termometer |
2 | Menelaah peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan seharihari | ||
3 | Menggunakan teori kinetik gas untuk memprediksi besaran fisis gas ideal | ||
4 | Menganalisis proses termodinamika dari sajian grafik | ||
3 | Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori gelombang dan optik serta penerapannya | 1 | Menganalisis besaran fisis gerak harmonik sederhana secara multirepresentasi |
2 | Menelaah karakteristik pemantulan atau pembiasan gelombang mekanik | ||
3 | Merumuskan persamaan gelombang berdasarkan sajian grafik | ||
4 | Menganalisis karakteristik gelombang bunyi atau cahaya | ||
4 | Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya | 1 | Menganalisis rangkaian dengan hukum Ohm dan Kirchhoff |
2 | Menganalisis hubungan antara medan listrik atau gaya elektrostatis dengan muatan | ||
3 | Menganalisis makna simbolik dari persamaan listrik statis | ||
4 | Menganalisis faktor yang mempengaruhi medan magnet kawat berarus listrik yang disajikan secara multirepresentasi | ||
5 | Mengevaluasi susunan kawat berarus yang mengalami gaya magnetik terbesar atau terkecil | ||
6 | Menelaah arah dan besar arus induksi | ||
7 | Menganalisis sifat rangkaian RLC dari sajian diagram fasor | ||
8 | Menemukan pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam teknologi dan kehidupan | ||
5 | Memahami sejarah perkembangan fisika dan pemikiran-pemikiran yang mendasarinya | 1 | Menelaah sejarah pemikiran atau penemuan konsep, prinsip atau hukum Fisika |
6 | Menguasai konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika modern serta penerapannya | 1 | Menelaah konsep relativitas berdasarkan teori relativitas khusus |
2 | Menelaah gejala kuantum berdasarkan sajian multirepresentasi | ||
3 | Menganalisis manfaat, dampak, dan proteksi zat radioaktif | ||
7 | Menyiapkan, merancang, melaksanakan percobaan dan menganalisis hasilnya sesuai kaidah eksperiman fisika | 1 | Menganalisis satuan dan atau dimensi besaran fisika |
2 | Menganalisis hasil percobaan gerak lurus yang disajikan secara multirepresentasi | ||
3 | Merancang percobaan titik berat atau kestimbangan benda tegar | ||
4 | Merancang karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau pembiasan pada cermin dan lensa | ||
5 | Merancang percobaan untuk mengukur besaran listrik | ||
8 | Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi diri dan Karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1 | Mengembangkan potensi peserta didik dalam pembelajaran fisika |
2 | Mengidentifikasi bekal awal peserta didik dalam pembelajaran fisika | ||
3 | Mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam belajar fisika | ||
9 | Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pembelajaran Fisika | 1 | Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran Fisika |
10 | Memahami berbagai pendekatan, strategi, metode,dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika | 1 | Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yangmendidik secara kreatif dalam pembelajaran Fisika |
2 | Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi Fisika | ||
11 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 1 | Merumuskan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran |
12 | Memilih materi pembelajaran yang diampu terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran pada bidang Fisika | 1 | Mengidentifikasi materi esensial yang sesuai kompetensi dasar yang dirumuskan |
13 | Menyusun materi pembelajaran sesuai dengan struktur materi fisika | 1 | Menyusun sekuens materi pembelajaran sesuai struktur materi dan karakteristik peserta didik |
14 | Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian pada bidang Fisika | 1 | Menentukan indicator dan instrumen penilaian kegiatan pembelajaran |
15 | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan pada bidang Fisika | 1 | Menerapkan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran dalam merancang kegiatan di laboratorium |
16 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Fisika | 1 | Memilih teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai dengan karakteristik materi dalam pembelajaran Fisika |
17 | Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh pada bidang Fisika | 1 | Memilih media pembelajaran dan sumberbelajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan matapelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran Fisika secara utuh |
18 | Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan kerja ilmiah | 1 | Memfasilitasi kegiatan pembelajaran Fisika yang mengembangan keterampilan kerja ilmiah |
19 | Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain pada bidang Fisika | 1 | Menerapkan strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan,tulisan, dan/atau bentuk lain |
20 | Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika | 1 | Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuaidengan karakteristik matapelajaran Fisika |
21 | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika | 1 | Memerinci aspek poses dan hasil yang penting untuk dinilai dalam pembelajaran Fisika |
22 | Mengembangkan instrumen penilaian sesuai karakteristik siswa dan materi Fisika | 1 | Mengembangkan instrument penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar |
23 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | 1 | Menjelaskan prinsip-prinsip tindakan refleksi dalam pembelajaran Fisika |
24 | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu pada bidang Fisika | 1 | Merancang prosedur penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran fisika |