zlL6bwEimBmCPGlD3vUY8mMwGyjQaK1Cn76qXZoF

Pedagogi TKP Set 1

Question 1 (5 points) 
Nilai merupakan hasil faktual yang diperoleh siswa setelah pembelajaran. Untuk menilai hasil praktek siswa seperti membuat kursi dalam praktek kayu, maka alat ukur penilaian yang tepat digunakan oleh guru adalah ....
Question 1 options:

1) 

Tes Lisan

2) 

Lembar Observasi

3) 

Tes tertulis

4) 

Angket

5) 

Lembar Penilaian
Question 2 (5 points) 
Pembelajaran di lapangan seperti pengujian tanah suatu wilayah, maka peralatan K-3 yang digunakan yaitu ....
Question 2 options:

1) 

Baju, kacamata dan masker

2) 

Baju, masker dan sepatu

3) 

Baju, masker dan topi

4) 

Baju, Sepatu dan topi

5) 

Baju, topi dan kacamata
Question 3 (5 points) 
Pembelajaran di laboratorium diharuskan menggunakan peralatan K-3. Dalam praktek bila menggunakan dengan zat kimia seperti zat aditif beton maka peralatan K-3 utama yang digunakan, yaitu ....
Question 3 options:

1) 

Baju, topi dan sarung tangan

2) 

Baju, Sepatu dan sarung tangan

3) 

Baju, masker dan sarung tangan

4) 

Baju, sepatu dan masker

5) 

Baju, topi dan masker
Question 4 (5 points) 
Dalam pembelajaran guru tidak hanya dituntut berkomunikasi dengan siswa, juga perlu komunikasi dengan orang tua/wali siswa. Jenis komunikasi yang tepat dilakukan guru yaitu ....
Question 4 options:

1) 

Tatap muka

2) 

Melalui surat

3) 

Melalui telepon

4) 

Melalui chating

5) 

Melalui pesan lisan
Question 5 (5 points) 
Guru abad-21 harus mampu memanfaatkan media dalam pembelajaran. Media visual yang cocok untuk menguraikan proses pembuatan suatu bangunan dapat digunakan ....
Question 5 options:

1) 

Poster

2) 

Benda asli

3) 

Wallchat

4) 

Flipchart

5) 

Poto
Question 6 (5 points) 
Salah satu komponen penting dalam pembelajaran adalah mengetahui perubahan perilaku (kognitif, afektik dan psikomotorik) siswa setelah pembelajaran. Untuk mengukur perubahan perilaku tersebut dituangkan pada RPP pada komponen....
Question 6 options:

1) 

Penilaian pembelajaran

2) 

Kegiatan pembelajaran

3) 

Kompetensi dasar

4) 

Identitas matapelajaran

5) 

Metode pembelajaran
Question 7 (5 points) 
Metode pembelajaran yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah adalah kooperatif tipe jigsaw. Berikut merupakan prosedur pembelajaran dengan tipe jigsaw yaitu....
Question 7 options:

1) 

Pemberian materi, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, mengerjakan kuis, pemberian penghargaan

2) 

Pemberian materi, diskusi kelompok asli, diskusi kelompok ahli, mengerjakan kuis, pemberian penghargaan

3) 

Pemberian materi, mengerjakan kuis, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, pemberian penghargaan

4) 

Pemberian materi, mengerjakan kuis, diskusi kelompok asli, diskusi kelompok ahli, pemberian penghargaan

5) 

Pemberian materi, diskusi kelompok ahli, pemberian kuis, diskusi kelompok asal, pemberian penghargaan
Question 8 (5 points) 
Salah satu model pembelajaran untuk memecahan suatu masalah dari materi pembelajaran adalah problem based learning (PBL). Adapun langkah-langkah pokok PBL yaitu....
Question 8 options:

1) 

Orientasi, menyelidiki, menyajikan, mengorganisasi, dan mengevaluasi

2) 

Orientasi, menyelidiki, mengorganisasi, menyajikan, dan mengevaluasi

3) 

Orientasi, mengorganisasi, menyelidiki, menyajikan, dan mengevaluasi

4) 

Orientasi, mengorganisasi, menyajikan, menyelidiki, dan mengevaluasi

5) 

Orientasi, menyajikan, mengorganisasi, menyelidiki, dan mengevaluasi
Question 9 (5 points) 
Salah satu model pembelajaran yang yang dianjurkan dalam pembelajaran abad 21 yaitu saintifik. Berikut merupakan jenis tahapan yang dilakukan pada pembelajaran saintifik, kecuali....
Question 9 options:

1) 

Menanya

2) 

Mengamatati

3) 

Menyampaikan

4) 

Mensosialisasikan

5) 

Mengkomunikasikan
Question 10 (5 points) 
Ruang kelas merupakan tempat kegiatan pembelajaran. Agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan terhindar dari kecelakaan maka perlu memperhatikan K-3. Peralatan utama K-3 pada pembelajaran di kelas yaitu ....
Question 10 options:

1) 

Baju dan sepatu

2) 

Baju dan topi

3) 

Baju dan kacamata

4) 

Baju dan masker

5) 

Baju dan jaket
Question 11 (5 points) 
Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang dapat digunakan. Berikut salah satu media yang klasifikasi media teks adalah ....
Question 11 options:

1) 

Vidio pembelajaran

2) 

e-books

3) 

Benda asli

4) 

Wallchat

5) 

Poster
Question 12 (5 points) 
Pembelajaran abad-21 menuntut guru untuk memanfaatkan IT sebagai bagian dari media pembelajaran. Berikut merupakan jenis media yang memanfaatkan IT, kecuali....
Question 12 options:

1) 

Presenter live

2) 

Vidio pembelajaran

3) 

Modul pembelajaran

4) 

Streaming vidio

5) 

Compact disk
Question 13 (5 points) 
Materi yang disajikan bervariasi tujuannya. Untuk memedahkan mencapai tujuan diberikan tugas agar peserta didik lebih mendalami materi. Tugas yang cocok untuk memahami karakter/sifat bahan bangunan diberikan yaitu ....
Question 13 options:

1) 

Projek

2) 

Miniriset

3) 

Studi Literatur

4) 

Tes/Kuis

5) 

Buat Maket
Question 14 (5 points) 
Pembelajaran di laboratorium pada umumnya melakukan praktek yang dilakukan secara kelompok. Metode kooperatif yang tepat digunakan pada pembelajaran di laboratorium yaitu....
Question 14 options:

1) 

Saintifik

2) 

Jigsaw

3) 

Group Investigation

4) 

STAD

5) 

PBL
Question 15 (5 points) 
Seorang guru pada abad 21 harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif untuk menyajikan materi. Banyak model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan seperti berikut ini, kecuali....
Question 15 options:

1) 

Group Investigation (GI)

2) 

STAD

3) 

Jigsaw

4) 

Problem Based Learning (PBL)

5) 

Think Pair Share
Question 16 (5 points) 
Media dapat bantu untuk memperlancan interaksi guru dengan siswa. Jenis media yang cocok untuk menyajikan materi berupa prosedural yaitu ....
Question 16 options:

1) 

Media vidio

2) 

Media teks

3) 

Media audio

4) 

Media visual

5) 

Media manipulatif
Question 17 (5 points) 
Seorang guru abad-21 menganalisis materi yang akan disajikan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan tujuan pembelajaran siswa mampu menghitung jumlah bahan yang digunakan. Untuk mencapai tujuan tersebut contoh yang tepat diberikan guru yaitu ....
Question 17 options:

1) 

Pemasangan kozen suatu rumah

2) 

Pemasangan Dinding dari Batu bata

3) 

Pemasangan rangka atap bangunan

4) 

Pemasangan rangka plafon

5) 

Pemasangan pondasi setapak
Question 18 (5 points) 
Salah satu tugas guru sebelum pembelajaran yaitu menyusun perangkatnya. Pada RPP guru harus mampu merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran. Aspek paling penting dalam merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran adalah....
Question 18 options:

1) 

Condition

2) 

Perubahan perilaku (Behavior)

3) 

Audiance (Siswa)

4) 

Degree

5) 

Spesifik
Question 19 (5 points) 
Berbagai macam media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Berikut merupakan faktor utama dalam memilih media pembelajaran, kecuali ....
Question 19 options:

1) 

Ketersediaan sumber stempat

2) 

Tujuan pembelajaran

3) 

Karakteristik siswa

4) 

Karakteristik media yg dimanfaatkan

5) 

Kecanggihan media yang digunakan
Question 20 (5 points) 

Dalam pembelajaran guru memperoleh beberapa orang siswa tidak paham tentang materi yang disajikan. Sudah dilakukan remedial juga hasilnya belum baik. Untuk mengetahui pokok soal dari masalah siswa tersebut maka guru tersebut ingin melakukan penelitian. Jenis penelitian yang cocok untuk mengangkat permasalah tersebut dapat dilakukan melalui penelitian ....
Question 20 options:

1) 

Pengembangan

2) 

Quasi Eksperimen

3) 

Deskriptif

4) 

Ekspost fakto

5) 

Tindakan Kelas
Ruslan Pulo Haruna
facebook.com/ruslanpuloharuna

Related Posts

Posting Komentar